Thursday, March 8, 2012

Condor


Burung Condor (di Indonesia lebih dikenal dengan nama Burung Rajawali-seperti yang ada di film Yang Guo-Return of The Condor Heroes) merupakan burung besar yang ditemukan di wilayah pegunungan Andes, Peru. Pada tahun 1973 burung ini hampir punah akibat perburuan yang berlebihan dan telah ditempatkan dalam daftar burung yang terancam punah. Tetapi saat ini mulai berkembang lagi berkat upaya dari Kebun binatang Claveland Metro Parks.

Condor Jantan
Burung Condor ini lebih memilih tinggal di wilayah Negara yang terbuka atau pegunungan yang memiliki tebing-tebing curam dan berbatu yang memungkinkannya untuk menemukan bangkai binatang yang merupakan makanan utama mereka. Untuk sekarang ini burung Condor dapat ditemukan di daerah tertentu Peru, Venezuela, Colombia dan di tebing-tebing Patagonia.


Condor Betina
Burung Condor lebih memilih memakan bangkai hewan yang telah mati daripada membunuh mangsanya. Bayi Condor belum mampu terbang hingga ia berusia 7 bulan. Condor betina memiliki mata berwarna merah yang cerah dan tidak memiliki jambul berdaging seperti Condor jantan.





Perkembangbiakan

 Condor memiliki sarang yang terletak di tempat-tempat sulit diakses seperti dalam celah  atau di gua batu dan hal ini membuat mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangunnya. Setelah sarang jadi, betina biasanya meletakkan telur putih tunggal yang panjangnya sekitar 10 cm. Inkubasi berlangsung sekitar 55 hari, dan secara bergantian  dilakukan oleh jantan dan betina untuk menghangatkan telur. 
  
Bayi Condor
Tubuh Bayi Condor saat lahir sangat lemah dan berwarna abu-abu keputih-putihan. Orang tuanya biasanya akan memberikan makan makanan yang mudah dicerna dan lunak. Bayi Condor ini akan tetap berada di sarangnya selama lebih dari setahun. Membutuhkan waktu 2 tahun untuk tumbuh dewasa dan mulai berkembang biak. Condor biasanya bertelur  antara bulan September dan Oktober.
   

Nama ilmiah: Vultur Griphus   
Musim kawin: Juli   
Pemisahan dari orang tua: Selama tahun kedua
Berat Dewasa: 44-66 Kg
Lebar sayap: 3 Meter
Tinggi: 1,3 Meter
Panjang Umur: Sekitar 50 Tahun
Makanan: Bangkai binatang, hewan yang baru lahir, telur burung lain

No comments:

Post a Comment