Wednesday, March 7, 2012

Pisco Sour

Pisco Sour

Setiap hari Sabtu di minggu pertama bulan Februari setiap tahunnya, diadakan peringatan hari Pisco Sour di Peru. Di hari Pisco Sour itu banyak orang berjualan Pisco Puro (Pisco murni), Pisco dengan rasa buah maupun Pisco yang sudah dicampur dengan formula khusus yang dinamakan Pisco Sour. 

Pisco Puro
Di setiap daerah ada berbagai pameran penjualan berbagai macam Pisco dengan harga yang relative lebih murah dibandingkan dengan hari-hari biasa. Pisco Puro merupakan pisco murni yang memiliki kadar alcohol lebih dari 40%. Adapula pisco merupakan fermentasi dari buah-buahan dengan berbagai macam buah seperti pisco strawberry, pisco kayu manis (chinamon), pisco apel, pisco markisa, pisco coklat, dan lain-lain. Biasanya pisco buah-buahan ini memiliki kadar alcohol yang rendah yaitu sekitar 13-25%. Pisco Sour merupakan minuman beralkohol sejenis cocktail yang rasanya asam karena mengandung lemon. Minuman ini dapat dikatakan memiliki level yang sama dengan Martini dan Margarita.

Pisco Chocolate
Pisco Peru dihasilkan dari abad keenam belas, merupakan salah satu jenis cocktail. Pisco Sour berasal dari Peru pada tahun dua puluhan abad ke-XX di Bar Morris, Calle Boza 847, Jiron de la Union Lima. Menawarkan sebuah hal baru yaitu Pisco Sour (Pisco dengan rasa asam) yang terinspirasi oleh whisky asam. Jose Antonio Schiaffino berpendapat dalam "The Origin of Pisco Sour", penemu formula dari Pisco Sour adalah Victor California V. Morris, yang merupakan pemilik Bar Morris.

Pisco Strawberry
Minuman ini diciptakan dengan menambahkan rasa asam dari tradisi Inggris, beberapa bahan lain, yang bersama-sama menyeimbangkan keasaman lemon di Peru. Sejak saat itu, minuman ini terus menyebar tidak hanya di Peru tetapi di negara-negara lain juga.

Pisco Sour ini pertama kali dibuat oleh beberapa bartender Peru yang bekerja di Bar Morris. Mereka adalah Alfonso Bregoye, Graciano Cabrera y Alberto Mezarina.

Pada tahun 1933, penutupan Bar Morris ini membuat para bartender tersebut pindah untuk bekerja di hotel-hotel di Lima seperti El Maury dan Bolivar. Di Hotel El Maury inilah kali pertama formula dari Pisco Sour dipatenkan.



No comments:

Post a Comment