Tuesday, March 6, 2012

Llama Hewan Khas Peru



Llama (baca: yama) adalah spesies yang sangat unik yang cocok dengan iklim dataran tinggi dan daerah lain di Peru. Llama adalah hewan yang sangat tangguh yang saat ini sangat populer di berbagai negara, di mana ia diperlakukan dengan hormat dan dirawat dengan baik. Peru sendiri memiliki 30% dari total Llama yang ada dan tersebar di dunia. Llama merupakan penduduk asli dan merupakan hewan peliharaan orang Andes. Habitatnya di Peru adalah di daerah Puna.Llama memiliki nama ilmiah yaitu Llama Glama. Ia termasuk dari golongan Camelidae. Nama umumnya yang dikenal adalah Llama atau Kakka (dari bahasa Quechua).

Llama merupakan sebangsa unta yang hidup dan menghuni di Amerika Selatan. Tingginya dapat mencapai 1,90 meter, dengan panjang tubuh yang kurang lebih sama, memiliki leher yang panjang dan lurus, kepala kecil dengan mata bersinar dan mulut besar dengan celah bibir dan telinga panjang dan meruncing ke atas. Tubuhnya ditutupi bulu seperti bulu domba berwarna abu-abu, kuning dan bahkan putih. Ekornya pendek dan kakinya kurus dan panjang, dengan telapak kaki yang memiliki dua jari terpisah yang mirip dengan unta.   
Ia mampu menahan beberapa minggu tanpa air minum asalkan ia mendapat makanan yang mengandung air. Ketika ia mengerti bahwa posisinya terancam atau marah ia akan menakut-nakuti musuhnya dengan meludahi musuhnya itu dengan rumput yang setengah dicernanya.

Dalam kebudayaan dari Inca, Tiahuanaco dan Wari, Llama berkaitan erat dengan perekonomian masyarakat Andes, terutama untuk menjadi binatang pengangkut beban dan transportasi, yang digunakan hingga hari ini . 
Kulit llama dapat digunakan untuk membuat sandal, bulunya dapat digunakan untuk membuat pakaian, dagingnya dapat dikeringkan untuk dimakan. Llama tidak dapat lepas dari dunia Andes, ia tahan cuaca, dapat menyesesuaikan diri dengan ekosistem Puna yang keras.

Terdapat beberapa macam Llama hasil dari persilangan yaitu:
  • Hasil persilangan antara Llama jantan dengan Vicuña betina yang disebut Llamovicuñas
  • Hasil persilangan antara Llama jantan dengan Alpaca betina yang disebut Huarizo
  • Hasil persilangan antara Llama jantan dengan Guanaco betina yang disebut Llamaguanaco


Perbedaan Llama, Vicuña, Alpaca dan Guanaco

Llama memiliki ciri:    Tingginya hingga 1,90 Meter 
                                 Berat dapat mencapai 125 Kg

Vicuña memiliki ciri:   Tingginya hingga 0,80 Meter
                                  Berat berkisar antara 40-50 Kg

 Alpaca memiliki ciri:   Tingginya hingga 1,60 Meter
                                  Berat berkisar antara 70-85 Kg

Guanaco memiliki ciri: Tingginya hingga 1,20 Meter
                                   Berat dapat mencapai 100 Kg 



Vicuña
Guanaco

Alpaca





































Sumber: http://www.revistadini.com/noticia/307/llama.html

No comments:

Post a Comment